Pencarian

Gallery

  • Seminar Teknologi
  • Kuliah Umum
  • Pembekalan Wisuda
  • Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi
  • Duta Jambi Liga Dandut Indosiar

Pengunjung

We have 19 guests and no members online

Pendidikan Kewarganegaraan

  Matakuliah :  Pendidikan Kewarganegaraan
  Kode Matakuliah :  STSI164205
  SKS :  2
  Dosen :  1. Wendhy Yanuar P, SH,MH
     2. Yandri, SH, MH
     3. Darmin Frendy, SH
  Silabus :  

  Standar Kompetensi :    Tujuan pembelajaran mata kuliah terdiri dari Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran. Kompetensi Dasar mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan adalah agar mahasiswa dapat memahami Pancasila dan implementasinya, identitas nasional dan masyarakat madani,, demokrasi, hak dan kewajiban warga negara, konstitusi dan rule of law, hak asasi manusia, geopolitik, geostrategi, otonomi daerah, good governance dan globalisasi.

   Deskripsi Mata Kuliah :  Materi pembelajaran terdiri dari 10 pokok bahasan yaitu Pancasila dan Implementasinya, Identitas Nasional dan Masyarakat Madani, Demokrasi, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Konstitusi dan Rule of Law, Hak Asasi Manusia, Geopolitik, Geostrategi, Otonomi Daerah, Good Governance dan Globalisasi.

  MATERI :

  1. Ideologi bangsa dan Negara sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
  2. Identitas nasional
  3. Pengantar demokrasi
  4. Arti dan perkembangan demokrasi
  5. Bentuk-bentuk demokrasi
  1. Negara dan konstitusi
  2. Konstitusionalisme
  3. Sistem Pemerintahan Negara
  4. menurut UUD Tahun 1945
  5. Hasil Amandemen
  6. a) Hak dan Kewajiban

      warga Negara

  1. b) Hak Asasi Manusia
  2. c) Penjabaran Hak Asasi
  3. Manusia dalam UUD   1945

  REFERENSI :

  1. Rozali. 2002. Perkembangan HAM dan Keberadaan Peradilan di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2. Basric Chaidir, Ed. 1994. Pemantapan Pembangunan Melalui Pendekatan Ketahanan Nasional. Jakarta: Program Magister PKN-UI.
  3. Miriam. 1987. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia Pustaka Media.
  4. Miriam. 1996. Demokrasi di Indonesia, Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Pancasila. Jakarta: Gramedia.
  5. Chaidir Basric & Amin Ibrahim. 1998. Implementasi Konsep Ketahanan Nasional dalam Pembangunan Daerah. Jakarta: HASTANAS-UI.
  Materi :  

Tujuan pendidikan kewarganegaraan – Pendidikan kewarganegaraan menjadi penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan dari siswa. Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan diajarkan di sekolah pada tiap jenjang, mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Lantas apa sebenarnya pengertian pendidikan kewarganegaraan? Apa fungsi, peranan dan landasan pendidikan kewarganegaraan? Apa saja tujuan pendidikan kewarganegaraan secara umum dan secara khusus? Berikut kami jelaskan tujuan pendidikan kewarganegaraan beserta pengertian dan penjelasan lengkapnya.

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan

Pengertian kewarganegaraan adalah sebuah ilmu atau studi mengenai tugas dan kewajiban pemerintahan serta hak dan kewajiban seorang warga negara. Definisi kewarganegaraan pun bisa diartikan lebih luas yaitu mencakup sesuatu yang memiliki keterkaitan atau hubungan antara manusia sebagai individu di dalam suatu perkumpulan yang tertata dan terorganisir dalam hubungannya dengan negara yang bersangkutan.

Sementara pengertian pendidikan Kewarganegaraan adalah suatu pendidikan yang bertujuan untuk memdidikan para generasi muda dan mahasiswa agar mampu menjadi warga negara yang demokratis dan partisipatif dalam pembelaan negara. Dalam hal ini pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu alat pasif untuk membangun dan memajukan sistem demokrasi suatu bangsa.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan tentu memiliki fungsi, peranan dan tujuan yang dihasilkan. Terdapat tujuan pendidikan kewarganegaraan secara umum yaitu fungsi dan tujuan dengan hasil dan output yang umum dirasakan. Selain itu juga ada tujuan pendidikan kewarganegaraan secara khusus dengan mengkhususkan tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi atau sekolah.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan di Indonesia adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa yang sedang dan mengkaji dan akan menguasai imu pengetahuaan dan teknologi serta seni.

Selain itu tujuan mempelajari pendidikan kewarganegaraan lainnya yaitu untuk meningkatkan kualitas manusia indonesia yang berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, profesional, bertanggung  jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Peran kewarganegaraan pun cukup penting untuk keberlangsungan bangsa dengan menambah wawasan dan pengetahuan kewarganegaraan.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Secara Khusus

Secara khusus, terdapat beberapa tujuan kewarganegaraan yang diperuntukkan untuk membentuk moral dan perilaku mahasiswa. Pentingnya mempelajari kewarganegaraan memang juga berperan pada moral dan perilaku para siswa

Copyright © 2017 PPTI STMIK Nurdin hamzah. All Rights Reserved.